seoexpert.co.id Bagi yang baru membuat web atau blog pasti pernah menanyakan apa itu Search Engine Optimization (SEO). Untuk memahaminya lebih dalam dan menguasainya, Anda perlu mengetahui pengertian, manfaat, jenis dan cara kerjanya.
Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas secara tuntas segala hal yang berkaitan dengan SEO agar bisa lebih memahaminya.
Pengertian SEO
Search
Engine Optimization merupakan suatu strategi untuk mengoptimalkan performa
sebuah website menggunakan keyword tertentu. Pengoptimalan website ini dinilai
berhasil apabila suatu situs bisa berada di halaman pertama atau pencarian
teratas di hasil pencarian.
Untuk
mendapatkan keyword terbaik, Anda harus menggunakan riset dan beberapa strategi yang bisa menunjukkan
keyword. Strategi ini dianggap efektif karena sistem operasi Google memang
menggunakan algoritma dalam menentukan peringkat sebuah web.
Manfaat
Ada
beberapa manfaat ketika menggunakan strategi ini, yaitu :
1. Trafik
pengunjung meningkat
Ketika
menggunakan strategi ini dengan baik, website akan berada di halaman pertama
mesin pencarian. Hal tersebut tentunya akan membuat website banyak dikunjungi
karena mudah ditemukan dan lebih dikenal banyak orang. Namun perlu menjadi
perhatian untuk tetap memastikan bahwa web sudah siap agar tidak down.
2. Meningkatkan
kredibilitas serta Brand awareness
Saat situs
mudah ditemukan dan memiliki banyak pengunjung, orang-orang bisa lebih percaya
dengan konten pada web. Selain itu, produk Anda akan lebih dikenal banyak orang
secara luas dan dapat dengan mudah ditemukan di Google.
3. Branding
Selain
mengisi web dengan konten informasi bermanfaat untuk pembaca, Anda dapat
menyiasati dengan menulis artikel soft selling untuk mempromosikan bisnis.
4. Mengoptimalkan
bisnis online
SEO
tidak hanya membuat web berada di posisi teratas pencarian, namun strategi ini
dapat membantu Anda menemukan pembeli potensial. Sebab melalui SEO, web akan
ditemukan berdasarkan minat atau ketertarikan pengunjung. Ini akan berdampak
pada kelangsungan bisnis Anda.
5. Lebih
mudah dikonversi
Penggunaan
SEO akan berdampak pada pelanggan pula. Pengunjung yang menekan klik website
secara organik dapat dengan mudah dikonversi menjadi pelanggan.
Jenis-Jenis SEO
Terdapat
dua jenis untuk mengoptimalkan web dan bisnis, yaitu On page dan Off page.
Berikut ini penjelasan keduanya.
1. SEO
On Page
Jenis ini
lebih fokus pada pengembangan di dalam web itu sendiri. Hal yang harus
diperhatikan adalah isi kebermanfaatan konten, desain dan tema website, menggunakan
keyword dengan tepat, dan website lebih user friendly.
2. SEO
Off Page
Kebalikan
dari jenis sebelumnya, jenis Off page lebih fokus pada pengoptimalan web diluar
website misalnya menggunakan link pada situs lain. Hanya saja Anda perlu
menganalisa dan memantau URL agar tidak error.
Cara Kerja SEO
Setidaknya
ada 4 cara kerja atau konsep dasar yang wajib Anda ketahui.
1. Crawling
Crawling
merupakan suatu proses mengambil halaman web yang terintegrasi dengan situs web
Anda. Untuk melakukannya, ada aplikasi khusus yaitu crawler/spider/Googlebot
pada sistem operasi Google.
2. Indexing
Pengindeksan
merupakan proses untuk memberikan indeks pada sebuah website dengan cara
memeriksa tulisan dan deskripsi beserta kata kunci tertentu. Proses ini sangat
penting karena dapat menentukan kualitas web.
3. Processing
Pada
tahap ini, Google akan melakukan perbandingan keyword di berbagai situs agar
web Anda bisa memiliki performa terbaik.
4. Calculating
Relevancy
SEO
dapat menghitung relevansi dari setiap halaman beserta kata kunci yang sama
pada sebuah halaman terindeks.
5. Retrieving
Result
Selanjutnya
adalah babak penentuan dari kinerja keyword yang digunakan. Setelah proses ini,
website akan ditampilkan pada hasil penelusuran di browser atau Google.
Keterampilan Mengelola Website
Setelah
mengenal lebih lanjut tentang SEO, Anda perlu meningkatkan kemampuan untuk
membuatnya. Apa sajakah yang perlu dipelajari?
1. Menemukan
kata kunci dengan tepat.
2. Menganalisa
kompetitor lainnya.
3. Membuat
konten lebih menarik dan tetap memperhitungkan manfaatnya bagi pembaca.
4. Membuat
link internal maupun eksternal.
5. Mengaudit
performa web.
Dengan mengetahui mengenai
apa itu search engine optimization yang telah dibahas di atas. Bahkan sudah dijelaskan
keterampilan yang wajib dipelajari
dan harus diterapkan. Untuk itu bagi yang ingin mengupgrade
keterampilan agar bisa menjual produk
dengan baik, Anda dapat mengunjungi https://seomedia.com/
untuk mendapatkan kursus atau
layanan terbaiknya.
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Mengenal Apa itu Search Engine Optimization Lebih Dekat ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Jasa SEO Terpercaya. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.(alert-warning)